/* related post */ /* related post */

FEED BURNER

Enter your email address:

Aneka CD Software | Video Tutorial

SEARCH

SPACE FOR RENT

ADS FOR RENT

ADS
PROMO

Semakin maju kehidupan ini, maka semakin banyak pula orang yang terlanjur sibuk dengan urusan masing-masing sehingga tidak punya waktu untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, seperti mencuci dan menyetrika. Dengan kesibukan seperti itu, maka bisnis baru pun bermunculan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam hal mencuci dan menyetrika pakaian. Munculnya usaha laundry kiloan atau binatu kemudian menjadi bisnis yang tidak terelakkan lagi di dunia modern ini.

Semakin maju kehidupan ini, maka semakin banyak pula orang yang terlanjur sibuk dengan urusan masing-masing sehingga tidak punya waktu untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, seperti mencuci dan menyetrika. Dengan kesibukan seperti itu, maka bisnis baru pun bermunculan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam hal mencuci dan menyetrika pakaian. Munculnya usaha laundry kiloan atau binatu kemudian menjadi bisnis yang tidak terelakkan lagi di dunia modern ini.


Di beberapa kota besar, kita bisa menemukan bisnis laundry kiloan di hampir setiap sudutnya. Kebanyakan dari mereka membuka usaha tersebut untuk memenuhi kebutuhan para pekerja dan mahasiswa dari luar kota sehingga mereka tidak punya cukup waktu dan tempat untuk mencuci dengan kapasitas cucian yang banyak. Oleh sebab itu, muncullah laundry yang menyediakan jasa mencuci dan menyetrika dengan hitungan per kilo, bukan per pakaian seperti yang biasa ditemukan pada laundry lainnya atau jasa pencucian sejenis binatu.

Tidak hanya di kota-kota besar, di pedesaan pun kini usaha laundry kiloan atau binatu sudah mulai merambah. Ada yang usahanya dilakukan dengan menggunakan mesin cuci, ada juga yang masih dilakukan secara manual oleh pekerja.

Banyaknya pekerja dan mahasiswa yang datang, kemudian membuat beberapa orang berminat terhadap usaha ini. Di kota metropolitan yang penduduknya hampir delapan juta orang dengan perkiraan jumlah kepala keluarga sebanyak dua juta orang, Anda bisa menggarap sekitar lima ribu kepala keluarga yang termasuk ke dalam keluarga sejahtera dengan kebutuhan mencuci dan menyetrika pakaian yang cukup tinggi.

Jika dari setiap keluarga memiliki empat orang anggota keluarga, maka Anda akan bisa menghitung kurang lebih 1,5 kilogram pakaian per harinya. Dengan demikian, dalam satu kota Anda bisa mendapatkan peluang untuk mendapatkan pelanggan dari 7,5 ton pakaian keluarga penduduk di kota.

Cara Memulai Bisnis Laundry Kiloan


Penjelasan di atas merupakan suatu perkiraan yang bisa dilihat dari perhitungan segmen pasar keluarga. Jika Anda menghitung segmen pasar lainnya, seperti pasar hotel dan penginapan, maka Anda bisa mendapatkan jumlah calon pelanggan yang lebih banyak lagi. Bukan hanya pakaian yang akan dicuci, tapi jenis kain rumah tangga lainnya seperti sprei, sarung bantal dan guling, taplak meja, selimut, bahkan boneka bisa menjadi ajang bisnis laundry kiloan Anda.

Dari beberapa literatur mengenai bisnis laundry, pihak hotel akan memberikan 40% cucian mereka kepada pihak di luar hotel. Dengan begitu, pihak binatu akan memperoleh peluang yang lumayan besar dari segemen hotel dan penginapan tersebut.

Berbagai metode bisa digunakan untuk bisa menjalankan bisnis laundry kiloan ini. langkah awal, Anda bisa mulai mencari tempat yang sesuai dengan usaha tersebut. Misalnya, tempat yang strategis dan penuh dengan pekerja, mahasiswa, atau pebisnis yang kebanyakan dari mereka tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusi urusan cuci mencuci pakaian.

Anda bisa mengambil satu tempat yang terletak dekat dengan sebuah universitas, pabrik, atau perumahan elit. Setelah itu, Anda bisa mulai menyebarkan pamflet yang berisi informasi mengenai bisnis laundry yang akan Anda buka. Untuk pertama, Anda bisa menerapkan sistem promosi dengan harga minimum atau diskon untuk banyak cucian yang ditargetkan. Misalnya saja, Anda bisa mulai mempromosikan harga cucian yang murah per kilonya atau memberikan diskon apabila cucian memiliki berat minimal 2 kilogram.

Sebagai contoh, Anda menerapkan sistem diskon, maka jika harga yang nantinya akan ditetapkan sebesar 5000 rupiah per kilonya, Anda bisa menurunkan harga menjadi 4000 rupiah per kilonya atau 6000 rupiah jika pelanggan mencuci sebanyak dua kilo. Akan tetapi, sebelum menetapkan harga cuci, Anda juga terlebih dahulu perlu mengadakan survey mengenai tempat laundry atau binatu lainnya yang menetapkan harga yang setara atau lebih tinggi. Jangan sampai Anda menetapkan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga yang ditawarkan jasa laundry atau binatu lainnya.

Perhitungan dan Pemasukan dan Pengeluaran Bisnis Laundry Kiloan.


Untuk memperjelas keuntungan dan modal dari bisnis ini, Anda sebaiknya menentukan berapa banyak modal yang dikeluarkan dan berapa banyak pemasukan yang diterima. Pada tahap awal, Anda bisa menggunakan perhitungan modal sebagai berikut.

Jika setiap harinya Anda menerima cucian sebanyak 100 kiloan, maka Anda bisa melakukan perkiraan jumlah karyawan sebanyak 3 orang dengan gaji masing-masing sebesar 700 ribu rupiah.

Pemasukan: 100 kilo x 30 hari = 3000 kilo x 3000 rupiah = 9.000.000

Pengeluaran:

* Gaji karyawan: 3 x 700.000 = 2.100.000
* Listrik, air, telepon: 750.000
* Deterjen, pewangi, pelembut pakaian: 1.200.000
* Sewa ruko per bulan: 500.000

* Jumlah: 4.550.000

Dari perhitungan di atas, Anda bisa mengetahui berapa banyak keuntungan Anda. Jika keuntungan sebesar 4.450.000 masih terasa kurang, maka Anda bisa menambah penerimaan cucian dengan konsekuensi menambah jumlah pegawai.

Nah, itulah gambaran mengenai bisnis laundry kiloan. Semoga bermanfaat bagi Anda.

POSTING TERKAIT

Sales Magig
Bagaimana cara menjual apapun, dimanapun, kapanpun, dengan harga berapapun?

Secret To Be Rich
Ini Ilmunya dari Robert T. Kiyosaki Yang membahas tuntas rahasia rahasia bisnisnya secara blak blakan,sehingga ia bisa sukses luar biasa.